materi surat kelas 7
Tujuan untuk materi surat ini adalah tahu pengertian surat, perbedaan surat, ciri-ciri surat, dan cara membuat surat
Apa itu surat?
Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi dalam tulisan di kertas oleh satu pihak yang menulisnya kepada pihak lain, bisa individu atau organisasi. surat dibagi menjadi 2 yaitu surat resmi dan pribadi.
Surat resmi adalah komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan tugas dan kegiatan dinas atau instansi dan digunakan untuk kepentingan resmi. Surat tersebut dikeluarkan atau dibuat oleh perseorangan, instansi, atau organisasi. Surat resmi ada beberapa jenis yaitu:
surat permohonan
surat yang digunakan untuk mengajukan permohonan ke pihak lain
surat keputusan
digunakan untuk menyampaikann keputusan dari pihak lain
surat kuasa
surat yang menjelaskan pemberian kuasa atau wewenang dari satu pihak ke pihak
surat pengantar
surat yang digunakan pengantar untuk maksud dan tujuan lain
surat edaran
surat yang mberupa pemberitahuan terkait suatu kegiatan
surat undangan
surat yang bertujuan untuk memanggil atau mengundang orang atau pihak tertentu
setelah itu ada surat pribadi, surat pribadi adalah jenis surat yang berisi keperluan pribadi, biasanya ditulis secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan yang biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku. ciri-ciri surat pribadi adalah tidak menggunakan kop surat, nomor surat tidak ada, salam pembuka dan penutup bervariasi penggunaan bahasa bebas, format surat bebas.
surat resmi dan pribadi memiliki beberapa perbedaan yaitu Surat tersebut dikeluarkan atau dibuat oleh perseorangan, instansi, atau organisasi. Sedangkan surat tidak resmi biasanya ditulis sendiri. surat resmi menggunakan kop surat, menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi. Sedangkan surat tidak resmi tidak memilki kop surat, tidak menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi. Karena surat tidak resmi tidak memilki peraturan yang mengikat. Beda dari surat resmi yang memilki peraturan yang mengikat. Peraturan dari surat resmi seperti salam pembuka dan alamat surat.
cara membuat surat resmi:
1.Tulis nama dan informasi kontak:
di sudut kiri atas surat sertakan nama anda atau nama perusahaan anda. kemudian ikuti dengan alamat anda di baris bawah
2.Cantumkan tanggal:
Selanjutnya, pastikan untuk memasukkan tanggal surat di sudut kiri atas. Sertakan spasi atau garis antara tanggal dan informasi kontak anda. Tanggal surat harus tanggal anda menulisnya.
3.Sertakan nama penerima dan informasi kontak:
Setelah tanggal, anda juga harus menyertakan nama penerima dengan gelar resmi mereka, seperti Bapak, Ibu atau nama gelar. Setelah ini, sertakan jabatan mereka, nama perusahaan mereka dan alamat mereka.
4.Tulis salam:
Sapa orang yang anda tuju dalam surat resmi anda. Pastikan anda tidak terlalu banyak bicara atau terlalu santai. Pertimbangkan untuk menggunakan "Bapak" atau "Ibu" dalam surat anda jika anda tidak tahu namanya. Jika Anda tahu nama mereka, pertimbangkan untuk menggunakan Dr., Mr. atau Mrs. diikuti dengan nama lengkap mereka.
5.tulis isi surat:
Selanjutnya, menulis badan surat anda. biasanya terdiri dari dua atau tiga paragraf.
Perkenalkan diri anda dan nyatakan tujuan surat anda di paragraf pertama
Paragraf kedua digunakan untuk menggaris bawahi pesan yang anda kirim.
Gunakan paragraf terakhir anda untuk meringkas tujuan surat anda dan bagaimana anda ingin melanjutkan.
6.Sertakan tanda tangan:
Sertakan penutup seperti "Hormat kami". Tinggalkan spasi dan kemudian sertakan tanda tangan dan nama tercetak anda. Selanjutnya, sertakan judul, nomor telepon, dan alamat email anda.
7.Koreksi surat
Terakhir, penting untuk mengoreksi surat anda. Pastikan itu bebas dari kesalahan ejaan dan tata bahasa dan pada akhirnya akan masuk akal bagi penerima anda.
untuk pembuatan pribadi tulis nama pembaca, pembukaan, isi, penutup, dan nama pengirim saja.
terimakasih telah membaca ini :)
Komentar
Posting Komentar